Berikan Kesempatan Pada Arsitek Lokal

Berikan Kesempatan Pada Arsitek Lokal
Berikan Kesempatan Pada Arsitek Lokal
KUPANG--Tak dipungkiri bahwa Provinsi NTT memiliki ratusan arsitek, dan mereka tersebar di seluruh pelosok NTT. Namun sangat disayangkan bahwa sejauh ini, mereka tidak diberi kesempatan untuk berapresiasi, membuktikan profesionalitas mereka di bidang jasa arsitektur.

Karena itu, Ketua IAI Nasional Munichy B Edrees, IAI dalam pidatonya pada Musda II Ikatan Aristek Indoensia (IAI) NTT di Hotel Sasando Kupang, Sabtu (11/5) mengatakan, banyak arsitek di NTT namun belum terlalu diberi ruang untuk melakukan rancang bangun di NTT. Dalam mendesain, kata dia, harus menonjolkan aspek lokal.

"Arsitek di NTT lebih tahu akar budaya dan filosofi yang dapat dituangkan dalam karya aristektur,"katanya sembari mengharapkan Gubernur NTT yang hadir saat itu untuk memberikan kesempatan bagi arsitek lokal. "Aristek lokal mesti diberi kesempatan untuk mengerjakan proyek di NTT,"katanya.

Dosen UII itu menambahkan, NTT punya potensi sumber daya alam yang berlimpah namun belum dimanfaatkan optimal oleh para arsitek di NTT.

Karena itu produk Musda II IAI NTT itu diserukan "Saya himbau kepada Ketua IAI NTT yang baru acar bisa mempersiapkan diri dengan potensi yang ada di tiap daerah yang merupakan keunggulan daerah,"katanya. Ia mengaku terpukau karya aristektur tradisional NTT.

KUPANG--Tak dipungkiri bahwa Provinsi NTT memiliki ratusan arsitek, dan mereka tersebar di seluruh pelosok NTT. Namun sangat disayangkan bahwa sejauh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News