JPNN.com

Berikhtiar Jaga Lingkungan Pesisir Tetap Lestari, Polri Dipuji Panglima TNI

Sabtu, 22 Februari 2020 – 03:03 WIB Berikhtiar Jaga Lingkungan Pesisir Tetap Lestari, Polri Dipuji Panglima TNI - JPNN.com
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis, Menteri KKP Edhy Prabowo dan Kepala BNPB Doni Monardo menanam bibit bakau di pesisir Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (21/2). Foto: Antara/Fauzan

jpnn.com, TANGERANG - Polri dan TNI memperlihatkan kekompakannya dalam hal menjaga lingkungan. Kapolri Jenderal Idham Aziz dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pun turun langsung bersama anak buah ke lapangan untuk menanam bibit pohon bakau atau mangrove di kawasan pesisir Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (21/2).

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo juga ikut dalam kegiatan yang diinisiasi Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri itu. Ada sekitar 20 ribu bibit mangrove yang ditanam dalam kegiatan bertema Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir tersebut.

Marsekal Hadi pun menyampaikan apresiasinya atas inisatif Polri tersebut. "Kami apresiasi pihak Polri yang memprakarsai penanaman mangrove di sela kesibukan melaksanakan pengamanan kamtibmas," kata Hadi.

Hadi mengaku terkesan dengan ikhtiar Polri itu. Sebab, Polri yang sudah menanggung beban berat dalam pengamanan masih peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Kegiatan yang dipusatkan di Ketapang Urban Aquaculture itu tak hanya berupa penanaman bibit mangrove. Ada pula pelepasan sekitar satu juta ekor bibit ikan nila, bandeng dan udang.

Menurut Hadi, penamanam bakau itu tersebut bukan hanya untuk mencegah abrasi, namun juga pemberdayaan ekonomi pesisir. Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara itu menjelaskan, penebaran bibit ikan di kawasan bakau juga akan bermanfaat bagi penduduk setempat.

Namun, Hadi juga mengingatkan tentang pentingnya kedisiplinan menjaga lingkungan. "Kerusakan hutan dan hilangnya garis pantai akibat abrasi perlu dicegah sejak awal, maka diperlukan kedisiplinan dalam pemeriharaan," katanya.

Sementara Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto sebagai inisiator kegiatan itu mengatakan bahwa kawasan pesisir Kabupaten Tangerang merupakan salah satu lokasi yang masih butuh perhatian lantaran menghadapi ancaman rob dan abrasi. Oleh karena itu, Polri berupaya turut mengedukasi warga untuk mencintai lingkungan dengan cara menanam mangrove.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...