Berikut Dosa Besar Bos Nissan, Jangan Kaget!

Berikut Dosa Besar Bos Nissan, Jangan Kaget!
Ilustrasi Carlos Ghosn. Foto: Nissan

jpnn.com, TOKYO - Nama besar Carlos Ghosn di dunia otomotif kembali mencuat, kali ini bukan karena prestasinya di tiga perusahaan besar aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi, tapi dosa-dosa besarnya yang akhirnya terkuak.

Carlos Ghosn saat ini menghadapi tuduhan serius atas pelanggaran berat yang telah dia lakukan di Nissan dan kini mendekam di kantor kepolisian Jepang.

Pengusaha berkebangsaan Brasil-Lebanon-Prancis yang paling berpengaruh di dunia otomotif desawa ini diduga telah bertahun-tahun melakukan pelanggaran berat, salh satu di antaranya mencuri aset perusahaan untuk kepentingan pribadi.

Aksi pencurian itu tidak sendirian, bos Nissan itu diduga dibantu rekan direksinya Greg Kelly.

Dosa besar Carlos Ghosn lainnya ialah memanipulasi hasil pelaporan jumlah gajinya selama bertahun-tahun kepada pihak otoritas di Jepang.

Baca juga : Waduh! Bos Nissan Disikat dari Dalam

Ditengarai, Carlos Ghosn tidak melaporkan sekitar 5 miliar Yen pendapatannya dalam kurun waktu lima tahun. Termasuk pelanggaran lain terkait undang-undang keuangan di Jepang.

Menurut pihak resmi Nissan, dosa-dosa besar Ghosn tidak lepas hasil sebuah laporan whistleblower (pelapor pelanggaran), dan juga perusahaan menemukan kesalahan Ghosn yang terjadi beberapa tahun lalu. (mg8/jpnn)


Nama besar Carlos Ghosn di dunia otomotif kembali mencuat, kali ini bukan karena prestasinya di Nissan-Renault-Mitsubishi, tapi dosa-dosa besarnya terkuak.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News