Berikut Ini Kota Besar di Indonesia yang Diprediksi Diguyur Hujan

Berikut Ini Kota Besar di Indonesia yang Diprediksi Diguyur Hujan
Prakiraan cuaca BMKG hari ini, sejumlah kota besar berpeluang hujan. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Hujan ringan hingga lebat diprediksi mengguyur mayoritas kota besar di Indonesia pada hari ini, Senin (20/11).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk selalu waspada.

"Sebagian besar wilayah Indonesia saat ini berada pada periode peralihan musim. Potensi cuaca ekstrem, seperti hujan lebat yang dapat disertai kilat, petir, dan angin kencang; angin puting beliung; bahkan hujan es dapat terjadi sewaktu-waktu," kata Prakirawan BMKG Idhan Abubakar dalam penyataan yang dikutip di Jakarta, Senin.

Di Pulau Sumatra, BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai hujan petir di Pekanbaru dan Tanjung Pinang. Hujan sedang di Kota Medan dan hujan ringan di Banda Aceh, serta Kota Padang umumnya berawan.

Masih di wilayah Sumatra, Kota Jambi dan Pangkal Pinang diguyur hujan ringan. Kemudian, Bengkulu dan Palembang berawan, serta Bandar Lampung cerah berawan.

Di Pulau Jawa, BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas ringan berpotensi mengguyur Kota Serang, Jakarta, Bandung, dan Semarang. Adapun Yogyakarta dan Surabaya diprakirakan berawan hingga cerah berawan.

Kepulauan Sunda Kecil, yakni Bali dan Nusa Tenggara, BMKG memprediksi hujan dengan intensitas ringan terjadi di Kota Mataram dan cuaca cerah berawan hingga berawan berpotensi memayungi Denpasar serta Kupang.

Selanjutnya untuk wilayah Kalimantan, potensi hujan petir ada di Kota Tanjung Selor dan Banjarmasin.

Hujan ringan hingga lebat diprediksi mengguyur mayoritas kota besar di Indonesia pada hari ini, Senin (20/11).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News