Berikut Poin-Poin Pertemuan Presiden FIFA dengan PSSI

Berikut Poin-Poin Pertemuan Presiden FIFA dengan PSSI
Presiden FIFA Gianni Infantino memberikan bola kepada PSSI sebagai kenang-kenangan dari FIFA. Sama dengan yang diberikan ke Presiden Joko Widodo. Foto:Amjad/JPNN

jpnn.com - Ada beberapa poin hasil pertemuan Presiden FIFA Gianni Infantino dan PSSI di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Selasa (18/10/2022) sore.

Namun, bukan Ketum PSSI M Iriawan yang mengumumkan hasil pertemuan, melainkan Exco PSSI, Vivin Cahyani Sungkono.

Dalam keterangan pers setelah pertemuan, anggota Exco tersebut menyebut lima poin yang ditekankan betul untuk membantu proses transformasi dan reformasi sepak bola Indonesia.

Pertama, perlu ada perbaikan sistem pertandingan dalam kompetisi. Kedua, soal lisensi klub yang harus menyesuaikan dengan mekanisme dan standar FIFA, AFC, dan PSSI.

"Transformasi yang kami lakukan mulai dari sistem pertandingan. Kami juga mendorong untuk melakukan perbaikan, baik dari sisi lisensi klub agar klub juga tahu apa yang harus dilakukan," katanya.

Poin lainnya ialah soal steward pertandingan yang dinilai perlu dioptimalkan agar kinerjanya lebih baik lagi. Dalam kompetisi Liga 1 2022/2023, sudah terdapat steward, tetapi dianggap belum maksimal.

"Jumlah yang masuk harus sesuai dengan kapasitas, kemudian steward yang hadir juga harus mendapatkan pelatihan dengan baik," tuturnya.

Bukan hanya kelengkapan penyelenggaraan kompetisi, FIFA dan AFC juga akan melakukan edukasi terhadap suporter.

Poin-poin pertemuan Presiden FIFA dengan PSSI. Bicara soal pembenahan penyelenggaraan kompetisi sampai Piala Dunia U-20 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News