JPNN.com

Berita Duka, Kosmonaut Rusia yang Pertama Berjalan di Angkasa Meninggal Dunia

Senin, 14 Oktober 2019 – 22:53 WIB Berita Duka, Kosmonaut Rusia yang Pertama Berjalan di Angkasa Meninggal Dunia - JPNN.com
Kosmonaut Rusia, Alexei Leonov. Foto: Spaceflight Now

jpnn.com - Alexei Leonov, orang pertama melakukan spacewalk (berjalan di angkasa) telah meninggal dunia pada usia 85 tahun, di rumah sakit di Moskow, Rusia.

Kematian Leonov secara resmi diumumkan badan antariksa Rusia Roscosmos Space Corporation, pada Jumat (11/10) lalu, lansir CNN.

Menurut kantor berita Rusia RIA-Novosti, kosmonaut yang dinobatkan sebagai pahlawan nasional Rusia ini tutup usia setelah mengalami sakit kronis.

Meskipun Leonov bukan orang pertama yang sampai di bulan, tetapi ia dinobatkan sebagai juara pertama dalam perlombaan antariksa antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Pada 18 Maret 1965, Leonov memulai perjalanan ruang angkasanya yang pertama, dan keluar dari kapsul Voskhod 2 dengan menghabiskan waktu 12 menit di ruang hampa.

Orang Amerika pertama yang berjalan di angkasa, Ed White, baru menyusul aksi Leonov pada bulan Juni pada tahun yang sama.

Leonov juga dikenal sebagai seniman yang kerap membawa pensil berwarna saat ke luar angkasa. Ia kerap membuat sketsa membuat pemandangan Bumi dari atas sana. Gambar matahari terbitnya dianggap sebagai karya seni pertama yang dibuat di ruang angkasa.

Leonov rencananya akan dimakamkan pada 15 Oktober mendatang, di pemakaman Mytishchi Military Memorial. (mg8/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...