JPNN.com

Berita Duka, Penemu Password Meninggal Dunia

Selasa, 16 Juli 2019 – 22:21 WIB Berita Duka, Penemu Password Meninggal Dunia - JPNN.com

jpnn.com - Berita duka datang dari dunia teknologi, sang penemu kata sandi alias password dalam pengembangan komputer, yakni Fernando Jose "Corby" Corbato, meninggal dunia pada usia 93 tahun akibat kompilasi diabetes.

Corby merupakan seorang ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang mengembangkan konsep kata sandi atau password ketika ia merancang Compatible Time-Sharing System (CTSS) pada tahun 1960-an.

"Puluhan tahun sebelum adanya konsep-konsep seperti cybersecurity dan cloud, Fernando Jose memimpin pengembangan salah satu sistem operasi pertama di dunia, yaitu CTSS. CTSS memungkinkan beberapa orang untuk menggunakan komputer pada saat yang sama. Hal itu sangat meningkatkan kecepatan di mana programmer dapat bekerja," kata pihak MIT dalam sebuah pernyataan, lansir The Canberra Times.

Penemuannya Fernando itu membuka jalan pada aktivitas digital security modern yang telah diterapkan secara luas.

Fernando Jose "Corby" Corbato pun dikenal lewat "Hukum Corbato" yang mengklaim bahwa programmer akan menulis jumlah kode yang sama terlepas dari bahasa pemprograman yang mereka gunakan, lansir Engadget.

Dalam perjalanannya, Fernando Jose "Corby" Corbato jelas telah banyak berjasa dalam membantu membangun dasar-dasar komputasi modern. (mg8/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...