Berita Terbaru Pendaftaran CPNS 2018 dan Nasib Honorer K2

Berita Terbaru Pendaftaran CPNS 2018 dan Nasib Honorer K2
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur. Foto for JPNN.com

jpnn.com, PALANGKA RAYA - Menpan-RB Asman Abnur belum memberikan kepastian tanggal pendaftaran CPNS 2018. Dia hanya mengatakan, pendaftaran dilakukansetelah Pilkada Serentak 2018 yang digelar 27 Juni.

Dijelaskan Asman, rekrutmen CPNS 2018 dalam rangka menggantikan sekitar 220 ribu orang PNS yang telah pensiun. Namun, jumlah yang direkrut tidak sebanyak itu.

“Kami akan rekrut di bawah itu (jumlah PNS pensiun),” ujarnya saat berada di Gedung Bhayangkara, Mapolda Kalteng, Rabu (25/4). Asman pernah menyebut, jumlah yang direkrut hanya 50 persen dari total PNS pensiun tersebut.

Dijelaskan juga, kuota CPNS 2019 diberikan berdasarkan keperluan pembangunan di daerah. Baik dari sektor pariwisata, perkebunan, pertambangan dan lainnya. Namun, tetap yang paling diutamakan yakni untuk pendidikan dan kesehatan.

“Jadi, ukurannya ini prioritas. Kami akan lihat instansi mana yang lebih prioritas untuk menerima pegawai. Paling banyak memang dari sisi pendidikan dan kesehatan. Itu sudah mutlak,” tegasnya.

Terkait dengan nasib honorer K2 yang menuntut segera diangkat menjadi CPNS, Asman menegaskan, pihaknya hanya mengikuti aturan saja. Sebab, selama dua tahun honorer diberikan kesempatan untuk tes.

“Kami mengikuti saja. Kalau peraturannya mewajibkan honorer untuk ikut tes, ya harus tes. Tapi yang paling prinsip, umurnya (honorer, red) tidak boleh lebih dari 35 tahun,” pungkasnya.

Di sisi lain, Plt Sekda Kalteng Fahrizal Fitri menyatakan, dilihat dari segi struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalteng 2018, maka Belanja Tidak Langsung (BTL) atau belanja pegawai di Pemprov Kalteng lebih dari 50 persen.

Pendaftaran CPNS 2018 hingga saat ini belum ada kepastian tanggalnya, namun dipastikan setelah Pilkada serentak 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News