Berita Terbaru Pendaftaran CPNS 2019: Usulan Formasi PPPK Tidak Disetujui

Berita Terbaru Pendaftaran CPNS 2019: Usulan Formasi PPPK Tidak Disetujui
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Radar Banyuwangi/JPNN.com

jpnn.com, KOTAWARINGIN TIMUR - Jadwal pendaftaran CPNS 2019 rencananya akan dibuka pada November mendatang. Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mendapat sebanyak 213 formasi.

"Kuota ini sekitar separuh dari yang kita usulkan. Semuanya untuk CPNS, sedangkan usulan PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) tidak disetujui, tapi jumlah CPNS yang mereka tambah," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto di Sampit, Selasa (22/10).

Dirinci, 213 formasi tersebut terdiri dari bidang pendidikan 139 formasi, kesehatan 14 formasi dan tenaga teknis 60 formasi. Formasi tenaga teknis cukup banyak meski belum semua usulan dari satuan organisasi perangkat daerah terakomodir.

Alang mengaku belum bisa merincikan formasi dan lokasi penempatannya secara rinci. Rencananya akan digelar rapat oleh Badan Kepegawaian Negara pada Rabu (23/10) sekaligus penyerahan admin akses data base rincian formasi tersebut, selanjutnya baru disusun dan diumumkan.

Alang memperkirakan pendaftaran dan seleksi administrasi dilaksanakan pada November 2019. Namun tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang baru akan dilaksanakan pada Januari atau Februari 2020.

Alang memastikan bahwa penerimaan CPNS diumumkan secara terbuka dan dilakukan secara transparan. Setiap peserta memiliki peluang yang sama untuk lulus.

Peserta yang ingin mendaftar mengikuti seleksi disarankan mulai mempersiapkan diri, termasuk berkas persyaratan yang nantinya diperlukan. Peserta juga harus mempersiapkan diri karena formasi yang dibuka umumnya untuk penempatan di wilayah pelosok Kotawaringin Timur.

"Saya memprediksi, formasi tenaga teknis yang nantinya akan banyak, pelamarnya bisa sampai ribuan. Untuk tenaga teknis, formasinya cukup banyak dan variatif seperti ekonomi, hukum, pemerintahan, komputer dan lainnya," jelas Alang.

Jadwal pendaftaran CPNS 2019 sekitar November mendatang, tidak ada formasi untuk PPPK alias pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News