JPNN.com

Pendaftaran CPNS 2019: Pastikan NIK Valid, Silakan Buka SSCASN BKN

Selasa, 22 Oktober 2019 – 14:49 WIB Pendaftaran CPNS 2019: Pastikan NIK Valid, Silakan Buka SSCASN BKN - JPNN.com
Pendaftaran CPNS 2019 dibuka November, tahun 2020 ada lagi. Peluang menjadi PNS makin besar. Ilustrasi Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pendaftaran CPNS 2019 yang kemungkinan dimulai November lewat situs sscasn.kbn.go.id.

Sebelum mendaftar, pangkah pertama yang harus disiapkan para calon pelamar adalah memastikan NIK (nomor induk kependudukan) miliknya valid. Pasalnya, dalam rekrutmen CPNS 2018, masih banyak yang gagal daftar karena masalah NIK.

"Masyarakat yang ingin daftar CPNS silakan pastikan NIK-nya, apakah sudah sesuai dengan data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Cocokkan NIK, nomor kartu keluarga karena data itu penting saat masuk ke sistem pendaftaran," kata Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, Selasa (22/10).

Bila NIK dan KK sudah fixed, lanjutnya, proses pendaftaran tidak akan terhambat. Dia menyebutkan masih ada waktu untuk mengecek datanya ke Dinas Dukcapil.

Agar pelamar tidak kesulitan saat melamar, Ridwan memberikan informasi alur pendaftaran CPNS dalam portal SSCASN. Pertama, buka portal sscasn.bkn.go.id.

Kedua, buat akun SSCN 2019 menggunakan NIK dan nomor kartu keluarga atau NIK Kepala Keluarga. Ketiga, login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

Keempat, lengkapi biodata. Kelima, pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan. Keenam, lengkapi data, kemudian unggah dokumen. Ketujuh, cek resume, cetak kartu pendaftaran.

"Pengumuman penerimaan resmi akan dipublikasikan di website dan media sosial instansi penerima formasi dan juga portal SSCASN. Sebelum pengumuman pendaftaran daring dibuka secara resmi pada November, portal SSCASN belum bisa diakses," terang Ridwan. (esy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...