Rekrutmen CPNS 2019 Segera Dibuka, Ada Formasi Khususnya, Siap-siap ya!

Rekrutmen CPNS 2019 Segera Dibuka, Ada Formasi Khususnya, Siap-siap ya!
Karo Humas BKN Mohammad Ridwan. Foto : Mesya Mohammad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan para pelamar yang tertarik menjadi PNS sudah bisa menyiapkan diri mulai sekarang.

Sebab, proses rekrutmen CPNS 2019 akan segera dibuka. Rekrutmen CPNS 2019 dibuka lewat dua jalur, yaitu pelamar umum dan khusus.

"Yang tertarik menjadi PNS, sudah bisa menyiapkan diri. Simak betul setiap tahapan mekanisme rekruitmen," ujar Mohammad Ridwan di Jakarta, Kamis (17/10).

Dia menyebutkan, pihaknya telah menyiapkan infrastruktur portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) dan pelaksanaan seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) BKN sebagai toolsutama yang akan digunakan dalam rekrutmen CPNS 2019.

BKN, lanjutnya, siap mengawal rekrutmen CPNS 2019 yang akan membuka formasi sebanyak 197.117 dengan rincian instansi pusat 37.854 formasi (74 K/L) dan Instansi Daerah 159.257 formasi (467 Pemda). 

"Sama seperti tahun lalu, ada dua jenis formasi yang dibuka yakni formasi umum dan formasi khusus ( cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis di pusat)," terangnya.

Untuk pengumuman pendaftaran dijadwalkan akan berlangsung pada akhir Oktober hingga awal November 2019, yang diawali dengan  penetapan formasi CPNS 2019 kepada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah. Penyerahan formasi telah berlangsung pada Kamis, (17/10) di Jakarta. Pengumuman pendaftaran akan dilanjutkan dengan pembukaan registrasi daring (online) pada November 2019.

Pengumuman hasil seleksi administrasi diagendakan pada Desember 2019 dan dilanjutkan dengan pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Januari 2020 dan diikuti dengan pelaksanaan SKD pada Februari 2020.

Para pelamar diminta menyiapkan diri menghadapi rekrutmen CPNS 2019 yang sudah di depan mata. Rekrutmen CPNS 2019 dibuka lewat dua jalur, yaitu pelamar umum dan khusus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News