Berita Terbaru, Vaksin Merah Putih Unair Bakal Dipakai sebagai Booster

Berita Terbaru, Vaksin Merah Putih Unair Bakal Dipakai sebagai Booster
Rektor Unair Prof Mohammad Nasih menyampaikan berita terbaru soal Vaksin Merah Putih yang bakal dipakai sebagai booster vaksin. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Mohammad Nasih membeberkan informasi mengenai Vaksin Merah Putih yang sedang dikembangkan tim peneliti di kampusnya.

Terbaru, Prof Nasih menyebut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah berkomitmen bakal menggunakan Vaksin Merah Putih sebagai booster atau dosis ketiga pada 2022 mendatang.

"Kemenkes sudah komitmen bisa digunakan nantinya untuk proses vaksinasi atau mungkin booster," kata Nasih, Jumat (15/10).

Vaksin Merah Putih itu nantinya akan diberikan secara gratis bagi kelompok masyarakat kurang mampu. Sebaliknya, untuk yang mampu akan dikenakan biaya.

"Komitmennya menggunakan vaksin dalam negeri atau vaksin merah putih," ucapnya.

Progresnya, Vaksin Merah Putih Unair telah merampungkan uji praklinis tahap dua. Tim peneliti akan mengirimkan laporan tersebut ke BPOM untuk dievaluasi.

"Setelah evaluasi selesai apakah ada yang diperbaiki atau sudah cukup. Selanjutnya akan mendapat izin terkait uji klinis vaksin," tutur Prof Nasih.

Dia mengatakan apabila izin sudah keluar, maka vaksinasinya akan dilaksanakan di RS dr Soetomo Surabaya sesuai kontrak yang telah dibuat.

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih mengeklaim Kemenkes telah sepakat menggunakan Vaksin Merah Putih sebagai booster pada 2022.