Berkat Program Prakerja, Etna Bisa Lulus Tes CPNS

Berkat Program Prakerja, Etna Bisa Lulus Tes CPNS
Program kartu prakerja. Foto: tangkapan layar website Kartu Prakerja

jpnn.com, ROTE NDAO - Pelatihan-pelatihan yang disediakan Program Kartu Prakerja terbukti membawa dampak positif bagi para alumninya.

Prakerja sudah memberi manfaat kepada lebih dari 17,5 juta warga Indonesia sejak April 2020 di 514 kabupaten/kota.

Beberapa hasil survei juga menunjukkan dampak positif yang dihasilkan oleh program yang digagas oleh Presiden Joko Widodo ini.

Berikut ini salah satu kisah alumni Prakerja yang merasakan dampak positif beasiswa pelatihan yang disediakan pemerintah.

Etna Tersia Leoh, seorang guru matematika yang mengajar di SMP Negeri 3 Rote Timur merupakan alumni gelombang pertama program Prakerja.

Pada 2020, dia mengikuti program Prakerja sebetulnya hanya untuk mendapatkan sertifikat guna memenuhi syarat akhir kuliah profesi keguruan yang mewajibkan ada 10 sampai 15 sertifikat.

"Saya bingung bagaimana cara mendapatkan sertifikat sebanyak itu karena situasi sedang pandemi COVID-19. Saya cari informasi ke berbagi media sosial dan bertemu program Prakerja," kata perempuan 31 tahun tersebut.

Etna yang saat itu berstatus guru honorer mengambil tujuh pelatihan, yaitu mahir berbisnis online dengan Instagram marketing, paket komplit seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil (CPNS), belajar digital marketing sampai mahir.

Program Prakerja sudah memberi manfaat kepada lebih dari 17,5 juta warga Indonesia sejak April 2020 di 514 kabupaten/kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News