Berkat Top Gun, Jepang Punya Pilot Jet Tempur Perempuan

Berkat Top Gun, Jepang Punya Pilot Jet Tempur Perempuan
Pilot jet tempur perempuan pertama Jepang, Lettu Misa Matsushima. Foto: Japan Air Self Defense Force

jpnn.com, SHINTOMI - Kini Jepang punya pilot jet tempur perempuan. Kamis (23/8), Lettu Misa Matsushima resmi menjadi pilot F-15J pada Divisi 5 Japan Air Self Defense Force (JASDF). Perempuan 26 tahun itu tak sabar menjalankan misi pertamanya.

"Saya bercita-cita menjadi pilot jet tempur setelah menonton Top Gun," ungkapnya dalam wawancara dengan CNN.

Mata Matsushima berbinar-binar saat menyebut film yang dibintangi Tom Cruise itu. Memorinya kembali melayang ke masa kecilnya saat kali pertama jatuh cinta pada profesi menantang.

Sampai Kamis lalu, Jepang tidak memiliki pilot jet tempur perempuan. Aturan yang berlaku di Negeri Sakura memang tidak berpihak pada perempuan. Tapi, pada 2015, aturan tersebut diubah. JASDF membuka rekrutmen pilot jet tempur tanpa membatasi jenis kelamin.

Saat itu juga, Matsushima memburu impiannya lagi. Lulusan Akademi Pertahanan Negara pada 2014 itu lantas meninggalkan pelatihan pilot logistik yang sedang dijalaninya. Dia beralih ke pelatihan pilot jet tempur.

Dia berlatih lebih tekun. Tiga tahun kemudian, dia lolos sertifikasi. "Sebagai yang pertama, saya membuka jalan bagi perempuan lain menjadi pilot jet tempur," tuturnya. (bil/c18/hep)


Kini Jepang punya pilot jet tempur perempuan. Kamis (23/8), Lettu Misa Matsushima resmi menjadi pilot F-15J pada Divisi 5 Japan Air Self Defense Force (JASDF)


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News