Berkunjung ke Museum Tumbuhkan Rasa Cinta Anak pada Bangsa

Berkunjung ke Museum Tumbuhkan Rasa Cinta Anak pada Bangsa
Kegiatan Paud Goes to Museum yg digelar oleh Ditjen Paud Dikmas Kemendikbud. Foto: Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Museum memiliki peran penting untuk menumbuhkan pengetahuan anak. Banyak yang bisa dipelajari ketika anak berkunjung ke museum yang tersebar di penjuru tanah air.

Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD Dikmas) Kemendikbud Muhamad Hasbi mengatakan, berkunjung ke museum akan membuat anak mengenal sejarah, kebudayaan, dan geografi Indonesia sejak dini.

"Hal tersebut diharapkan menggugah keingintahuan mereka untuk mempelajari dan menghargai sejarah, khususnya sejarah awal lahirnya bangsa Indonesia,” kata Hasbi, Selasa (20/8).

BACA JUGA: Pendidikan Kesetaraan Punya Arti Penting untuk Masa Depan

Selain itu, kunjungan ke museum diharapkan juga meningkatkan imajinasi dan rasa ingin tahu anak.

“Dengan demikian, mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang memiliki daya kritis dan kreativitas yang baik,” ujar Hasbi.

Dia menambahkan, siswa PAUD bisa mempelajari banyak hal saat melakukan kunjungan ke museum.

Misalnya, tentang berbagai kehidupan binatang purba serta asal mula manusia, kebudayaan dan ekonomi yang berkembang di masa lampau.

Museum memiliki peran penting untuk menumbuhkan pengetahuan anak. Banyak yang bisa dipelajari ketika anak berkunjung ke museum yang tersebar di penjuru tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News