Berpeluang Muncul Letusan Susulan

Berpeluang Muncul Letusan Susulan
Gunung Sinabung mengeluarkan asap tebal yang menyebabkan hujan debu vulkanik di Tanah Karo Brastagi, Minggu (15/9). Debu vulkanik letusan Gunung sinabung menerpa wilayah Jalinsum Medan-Brastagi. Foto: NANANG/SUMUT POS

jpnn.com - KARO - Gunung Sinabung Desa Kuta Gugung Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo, Minggu (15/9) sekira pukul 02.51 WIB dinihari meletus.

Erupsi material gunung setinggi 2.460 meter dpl berupa larva pijar dan debu vulkanik ini telah menaikkan status gunung tertinggi di Propinsi Sumatera Utara ini ke Siaga ( Level III).  

Besar kemungkinan letusan kemarin masih akan berlanjut hingga pihak berwenang mengeluarkan rekomendasi warga dalam 3 Km dari kawah aktif Sinabung, harus mengungsi.

Meletusnya gunung yang terakhir kali terjadi di tahun 2010 kemarin berlangsung secara tiba- tiba. Ini pun diakui Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi  Badan Geologi , Armen Putra.

Walaupun dalam beberapa surat berkala sebelumnya ke Pemkab Karo dan jajaran kerap disampaikan adanya perubahan yang terjadi di Gunung Api Sinabung, Armen mengaku kalau pada detik detik terakhir tidak ada indikasi yang menguatkan jika gunung itu akan meletus.

"Kita bekerja selama 24 jam disini, selalu saja ada petugas yang memantau, tapi dinihari tadi (kemarin) erupsi datang tanpa terprediksi waktunya. Hingga langkah langkah cepat kita lakukan," ujar Armen.

Pria asal Kutacane, Propinsi NAD ini pun menerangkan soal perubahan yang mereka maksud di surat yang sebulan dikirim terkait aktivitas di gunung api Sinabung.

Yang mencolok dari sana adalah terjadinya getaran gempa sejak bulan Agustus 2013, bahkan hingga sebelum meletus gempa vulkanik yang ukurannya tidak masuk hitungan MMI telah berlangsung selama 200 an kali lebih.

KARO - Gunung Sinabung Desa Kuta Gugung Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo, Minggu (15/9) sekira pukul 02.51 WIB dinihari meletus. Erupsi material

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News