Berpihak kepada Anak Muda, Anies Janji Hapus Batas Usia Calon Pekerja

Berpihak kepada Anak Muda, Anies Janji Hapus Batas Usia Calon Pekerja
Anies Baswedan dalam Desak Anies. Foto: Tim Media AMIN

jpnn.com, AMBON - Calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan berencana mau hapus regulasi atau peraturan yang mengatur batas usia pelamar kerja.

"Kami tidak setuju dengan pembatasan usia, ini insyaallah kami ubah aturannya. sehingga negeri dan swasta akan memiliki aturan yang sama," kata Anies dalam acara Desak Anies di Ambon, Maluku, Senin, (15/1).

Anies mengaku pernah berbincang sejumlah mahasiswa terkait lamaran kerja.

"Saya pernah bilang begini, waktu itu saya bicara dengan teman-teman mahasiswa, kalau lulus mana punya pengalaman? Namanya juga baru lulus. Saya bilang kepada teman teman mahasiswa, nanti kalau kalian diwawancara, ditanya apa pengalaman Anda, nanti jawabnya bapak ibu, kalau ibu atau bapak mencari pengalaman, maka bapak ibu cari orang tua yang sudah berpengalaman. Tapi kalau bapak ibu rekrut saya, saya akan memberikan masa depan pada bapak ibu sekalian," ungkap dia.

Anies menyampaikan anak muda menawarkan masa depan, orang tua menceritakan masa lalu. Anak muda belum punya masa lalu, yang dia punya adalah masa depan.

"Karena itu, kami berpendapat tidak boleh ada diskriminasi dalam rekrutmen baik itu berdasarkan umur, berdasarkan gender, berdasarkan sosial budaya, berdasarkan agama. Diskriminasi itu harus ditiadakan. Harus ada kesetaraan kesempatan. termasuk soal batas usia," ujarnya.

Anies menegaskan tidak setuju dengan pembatasan usia pelamaran kerja, sehingga berencana mengubah regulasi Undang-Undang Ketenagakerjaan terkait pembatasan usia.

Pada kesempatan tersebut, Anies juga menyoroti kerap munculnya syarat tambahan ketika melamar kerja seperti punya laptop, motor hingga mobil, yang merepotkan calon pelamar kerjaan.

Anies menegaskan tidak setuju dengan pembatasan usia pelamaran kerja, sehingga berencana mengubah regulasi terkait syarat itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News