Anies Baswedan Ingin Jadikan Maluku Lumbung Ikan Nasional

Anies Baswedan Ingin Jadikan Maluku Lumbung Ikan Nasional
Capres RI Anies Baswedan saat menghadiri acara Desak Anies di Ambon, Maluku pada Senin (15/1). Foto: Timnas AMIN

jpnn.com, AMBON - Calon Presiden nomor urut 01 Anies Baswedan menghadiri acara Desak Anies di Pantai Beby, Maluku Tengah, Ambon, Senin (15/1).

Dalam kesempatan itu, Anies mengungkapkan merasa punya kedekatan dengan kawasan Indonesia Timur, termasuk Maluku.

“Saya merasa punya kedekatan. Indonesia harus kembali ke Timur, tempat inilah yang membuat begitu banyak kekuatan internasional datang ke sini. Jadi Ambon, Maluku, adalah tempat di mana kita semua memulai apa yang kita sebut sebagai 'jalur rempah.' Mulainya dari mana? Dari sini,” ujar Anies, Senin 15 Januari 2024.

Anies pun mengungkapkan, jalur rempah ini yang terus akan dipromosikan ke depan.

“Kita melihat Indonesia ini sebagai sebuah negeri yang memiliki potensi luar biasa dan tidak boleh disamakan potensi dari satu tempat ke tempat lainnya. Setiap tempat memiliki kesanggupannya, kekuatannya, begitu juga dengan kawasan Maluku dan Ambon, di sini memiliki potensi perikanan yang luar biasa. Luar biasa perikanan di sini,” kata Anies.

Karena itu, Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 ini ingin menjadikan Ambon sebagai pusat, sebagai Ibu Kota Industri Perikanan Indonesia.

“Jadi ini menjadi Tsukiji Market-nya Indonesia. Di sinilah pusat perdagangan perikanan, di sinilah pusat yang bisa kita sebut sebagai lumbung ikan nasional,” kata dia.

“Ketika Maluku menjadi lumbung ikan nasional, apa kita harus laksanakan, Ambon New Port menjadi kenyataan. Harapan itu sudah lama ada di awang-awang kita, betul ya. Kita insya Allah ingin ubah supaya harapan jadi kenyataan,” ujar Anies.

Capres Anies Baswedan mengungkapkan merasa punya kedekatan dengan kawasan Indonesia Timur, termasuk Maluku

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News