Bersandar di Papua, Kapal Greenpeace Dukung Hutan Adat

Bersandar di Papua, Kapal Greenpeace Dukung Hutan Adat
Rainbow Warriors di Manokwari. Foto: KLHK

jpnn.com, MANOKWARI - Kapal legendaris Greenpeace Rainbow Warrior kembali berlayar ke Indonesia dengan menjadikan Bumi Cendrawasih Papua sebagai pintu masuk utamanya.

Tema pelayaran Rainbow tahun ini adalah 'Perubahan Iklim dan Kekuatan Masyarakat' (Climate Change and People Power). Pada tur kali ini, Greenpeace akan menampilkan cerita keberhasilan Kampung Manggroholo dan Sira di Papua mendapatkan izin hak pengelolaan Perhutanan Sosial dengan skema Hutan Desa.

“Karena hutan itu untuk rakyat, maka program yang sedang dikerjakan sejak tahun 2015 adalah Perhutanan Sosial. Inti perhutanan sosial adalah bagaimana keadilan itu diwujudkan” ucap Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementeri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Bambang Supriyanto, saat menyambut kedatangan kapal Rainbow Warrior di Manokwari, Senin (12/3).

Program Perhutanan Sosial yang tengah didorong pemerintah bertujuan untuk mengurangi konflik, ketimpangan lahan, mengurangi pengangguran, dan kemiskinan masyarakat setempat di sekitar hutan. Sejuah ini telah dialokasikan lahan kawasan hutan seluas 12,7 juta hektare untuk Perhutanan Sosial dalam bentuk Hutan Desa, Hutan Kemasyarakatan, Hutan Tanaman Rakyat, Kemitraan Kehutanan dan Hutan Adat.

Untuk menyelamatkan hutan dan lingkungan, menurut Bambang dibutuhkan sebuah gerakan publik. Banyak kemajuan yang telah dicapai Indonesia dengan adanya gerakan publik, misalnya menurunnya laju deforestasi, tidak ada asap lintas negara dan Ratifikasi Paris Agreement dan Ratifikasi Konvensi Minamata.

Bersandar di Papua, Kapal Greenpeace Dukung Hutan Adat

Bambang menjelaskan, sejak 2015-2017 laju deforestasi menurun dari 1,7 juta ha/tahun menjadi 435 ribu ha/tahun. Begitu juga asap lintas negara, pada tahun 2017 sudah tidak ada lagi. Jika di tahun 2015 terdapat asap lintas batas 21 hari, tahun 2016 empat hari, dan tahun 2017 nol hari.

“Itu sudah merupakan prestasi yang sangat baik dalam konteks gerakan publik. Diharapkan melalui gerakan publik rainbow, prestasi tersebut akan dipertahankan. Sehingga hutan lestari dan masyarakat sejahtera,” ujar Bambang.

Kapal Rainbow Warrior mulai merapat di Manokwari, Papua pada tanggal 11 Maret, kemudian ke Raja Ampat hingga 18 Maret.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News