Bersihkan KNPI dari Parpol

Bersihkan KNPI dari Parpol
Bersihkan KNPI dari Parpol
JAKARTA - Independensi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) terus menjadi bahasan di arena Kongres XIII KNPI di Jakarta. Salah satu sebab lemahnya independensi KNPI adalah dibiarkannya kader parpol berkiprah di induk organisasi pemuda ini. Di kongres kali ini pun, kader parpol yang ingin maju  sebagai calon ketua didominasi orang parpol, paling tidak duduk di underbow partai politik.

   

Ini pula yang disayangkan pengamat politik POINT Indonesia, Karel Harto Susetyo. Menurutnya, ketua umum KNPI periode 2011-2014 idealnya harus independen.  Jangan sampai muncul stigma bahwa KNPI adalah kepanjangan tangan parpol dan golongan tertentu. Bila dipimpin kader parpol, aktivitas KNPI akan selalu dipengaruhi kepentingan parpol, bukan kepentingan kepemudaan.

"Hati-hati dengan intervensi parpol. Biarkan pemuda memiliki jatidirinya sendiri melalui KNPI. Karena kalau sudah parpol yang bermain, maka yang ada hanya kepentingan pragmatis semata. Nasib KNPI kedepan pun akan terkait erat dengan nasib parpol yang berhasil mengintervensinya," ujar Karel kepada INDOPOS (JPNN Group), Rabu (26/10).

Karel juga menyarankan, agar KNPI diisi oleh kalangan pemuda saja. Artinya jika dilihat dari segi umur maksimal 40 tahun. Jika lebih tua dari itu, lebih baik aktif di parpol, tak lagi bermain di organisasi kepemudaan.

JAKARTA - Independensi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) terus menjadi bahasan di arena Kongres XIII KNPI di Jakarta. Salah satu sebab lemahnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News