Bertarung di Dapil Jabar 1, Bagaimana Elektabilitas Giring Ganesha?

Bertarung di Dapil Jabar 1, Bagaimana Elektabilitas Giring Ganesha?
Giring Ganesha. Foto: gilang

jpnn.com - Status selebritis tampaknya memang ampuh untuk menggaet suara di Dapil Jawa Barat 1. Terbukti, dapil yang meliputi Kota Bandung dan Cimahi ini menjadi arena perang bintang.

Dari temuan survei Y-Publica, elektabilitas tertinggi sebesar 9,9 persen diraih Nico Siahaan yang merupakan selebriti sekaligus caleg petahana dari PDI Perjuangan.

Posisi kedua dan ketiga ditempati caleg-caleg petahana yaitu Sodik Mudjahid dari Gerindra (8,1 persen) dan Ketut Sustiawan dari PDIP (7,1 persen).

Kemudian berturut-turut adalah bintang-bintang pendatang baru, yaitu Giring Ganesha (5,3 persen), Nurul Arifin (4,9 persen), Farhan (3,4 persen), dan Choky Sitohang (3,3 persen).

“Giring merupakan musisi band yang sangat lekat dengan anak muda, keputusan bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berpotensi mengerek elektabilitas parpol yang mengidentifikasi diri dengan generasi milenial tersebut,” ungkap Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran persnya di Jakarta, pada Rabu (20/2).

Begitu pula dengan presenter televisi Choky yang menggunakan bendera partai baru Perindo. Sementara itu Nurul dan Farhan sudah terlebih dulu berkecimpung dalam dunia politik.

“Nurul maju dalam pemilihan walikota Bandung dengan dukungan Golkar, sedang Farhan yang gagal maju kini menjadi caleg mewakili NasDem,” papar Rudi.

Peringkat berikutnya diperebutkan oleh caleg-caleg petahana maupun bintang-bintang pendatang baru. Di antara caleg petahana ada Ledia Hanifa dari PKS (3,0 persen), Agung Budi Santoso dari Demokrat (1,0 persen), dan Arief Suditomo yang pindah dari Hanura ke Nasdem (1,1 persen).

Wajah baru lainnya adalah bintang sinetron Kirana Larasati yang memilih kendaraan PDIP (2,8 persen). Lalu mantan pebulutangkis Ricky Soebagdja yang maju lewat Demokrat (2,4 persen) dan penyanyi Citra Scholastika dari Nasdem (0,9 persen).

Status selebritis tampaknya memang ampuh untuk menggaet suara di Dapil Jawa Barat 1. Bagaimana dengan Giring Ganesha dari PSI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News