Bertemu Pejabat Australia, Deputi Kemenpora Bahas Peningkatan Kerja Sama Kepemudaan

Bertemu Pejabat Australia, Deputi Kemenpora Bahas Peningkatan Kerja Sama Kepemudaan
Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh dan Direktur Komunikasi Divisi Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia Phillip Adams di Australia pada Kamis (28/11). Foto: Kemenpora

jpnn.com, BRISBANE - Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh bertemu dengan Direktur Komunikasi Divisi Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia Phillip Adams guna membahas kerja sama bilateral dalam bidang kepemudaan pada 28 November 2019 di Brisbane, Australia.

Pada kesempatan tersebut Niam menyampaikan apresiasinya pada Pemerintah Australia melalui DFAT atas kerjasama yang selama ini berlangsung, terutama pada Australia Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) yang telah berlangsung dari tahun 1981. Melalui kerja sama ini diharapkan hubungan bilateral Indonesia dan Australia dapat lebih meningkat.

"Saya kemarin sempat mengunjungi house family untuk program AIYEP. Terasa akrab dan nyata sekali manfaatnya. Manfaatnya tidak hanya untuk peserta, tapi untuk masyarakat kedua negara", ujar Niam pada Philip.

Lebih lanjut Niam juga menyampaikan beberapa evaluasi untuk perbaikan bagi program berikutnya, di antaranya tentang pentingnya perspektif inkusif dalam pelibatan peserta, dengan menyertakan kaum difable. "Saya berharap untuk tahun depan peserta difable dari Indonesia bisar berpartisipasi. Di samping itu perlu juga peserta dari Australia bisa bergabung lebih awal", tegasnya.

Disampaikan pula kemungkinan-kemungkinan kerjasama lainnya seperti pemagangan, peningkatan jumlah peserta, pengiriman peserta disabilitas agar berlangsung secara resiprokal dan beberapa lainnya.

Philip menyampaikan apresiasi serupa dan berharap kegiatan ini bisa berlanjut dengan spektrum yang lebih luas.

Selanjutnya dilakukan pertemuan dengan Direktur DFAT Negara Bagian Queensland Derek Brown. Dalam kesempatan itu dilaksanakan seremoni penerimaan delegasi pemuda dari kedua negara. Derek menyampaikan apresiasinya pada program AIYEP dan berharap akan terus berlanjut karena memberikan dampak yang luas di berbagai bidang di kedua negara.

Sebelumnya, Niam bertemu secara khusus dengan seluruh delegasi Indonesia untuk evaluasi program dan memperoleh masukan guna perbaikan.

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh bertemu dengan Direktur Komunikasi Divisi Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia Phillip Adams guna membahas kerja sama bilateral dalam bidang kepemudaan pada 28 Nov

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News