Bertemu Presiden Nauru, Jokowi Bahas Perubahan Iklim

Bertemu Presiden Nauru, Jokowi Bahas Perubahan Iklim
Presiden Joko Widodo dan Presiden Republik Nauru Baron Divavesi Waqa di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Jumat (8/12). Foto: Biro Pers

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menerima kunjungan resmi Presiden Republik Nauru, Baron Divavesi Waqa beserta istrinya, Louisa Corallie.

Kedatangan keduanya disambut meriah di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Jumat (8/12).

Kunjungan Presiden Republik Nauru ini merupakan kunjungan yang pertama ke Indonesia.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi menggambarkan pertemuan antara kedua pimimpin tersebut berlangsung dengan terbuka dan sangat bersahabat.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya sempat membicarakan soal perubahan iklim dan tantangan yang dihadapi oleh negara-negara Pasifik.

"Nauru ini adalah negara kepulauan kecil, masalah climate change menjadi persoalan yang sangat menantang, terutama naiknya level air laut," ucap Retno.

Perubahan iklim ini merupakan isu penting bagi Nauru dan sejumlah negara-negara kepulauan kecil lain di Pasifik. Naiknya air laut dapat menyebabkan pulau-pulau mereka akan tenggelam.

"Kepentingan negara kecil di Pasifik juga merupakan kepentingan Indonesia. Oleh karena itu, kita tunjukkan keberpihakan terhadap kepentingan negara-negara kepulauan kecil," jelas menteri kelahiran Semarang ini.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menerima kunjungan resmi Presiden Republik Nauru Baron Divavesi Waqa beserta istrinya, Louisa Corallie.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News