Bertemu Putin, Jokowi Tegaskan Kepentingan Indonesia Hanya Ingin Perang Selesai

Bertemu Putin, Jokowi Tegaskan Kepentingan Indonesia Hanya Ingin Perang Selesai
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/6). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan sangat menghargai sikap Presiden Rusia Vladimir Putin yang akan menjamin keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk dari Rusia dan Ukraina.  

“Ini sebuah berita yang baik,” kata Jokowi dalam konferensi pers bersama Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis waktu setempat, sebagaimana dikutip dari tayangan daring Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi juga mendukung upaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk reintegrasi komoditas pangan dan pupuk Rusia, serta komoditas pangan Ukraina untuk masuk lagi dalam rantai pasok dunia. 

“Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, tadi sekali lagi Presiden Putin sudah memberikan jaminannya,” ungkap Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyatakan bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apa pun, kecuali ingin melihat perang segera selesai dan rantai pasok pangan, pupuk, dan energi segera diperbaiki. 

“Karena ini menyangkut kehidupan ratusan juta orang, bahkan miliaran manusia,” katanya. 

Jokowi mengungkapkan dirinya dengan Putin banyak berdiskusi mengenai pangan dan pupuk. Dua komoditas tersebut, kata Jokowi, adalah masalah kemanusiaan dan kepentingan masyarakat dunia. 

“Ratusan juta orang terdampak dengan terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk, terutama di negara-negara berkembang,” ucap Jokowi, pemimpin pertama Asia yang mengunjungi Ukraina dan Rusia setelah invasi militer terjadi. 

Presiden Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin dan menegaskan kepentingan Indonesia adalah ingin melihat perang selesai dan pasokan pangan aman. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News