Bertemu Warga dan Petani Jakarta, Ganjar: Setiap Keluarga Bisa Berdaulat Pangan

Bertemu Warga dan Petani Jakarta, Ganjar: Setiap Keluarga Bisa Berdaulat Pangan
Bacapres 2024 Ganjar Pranowo bersama para petani kota di Kembangan, Jakarta Barat. Dok: tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Bakal calon presiden 2024 Ganjar Pranowo menyatakan setiap keluarga Indonesia mempunyai hak untuk bisa mewujudkan kedaulatan pangan.

Hal itu disampaikan Ganjar ketika berkujung ke Taman Agro Eduwisata di GSG 07 di Jalan KP Salo No 81 RT 4/RW 7 Kembangan, Jakarta Barat, Sabtu (7/10). Dalam kunjungan itu Ganjar berdialog dengan pegiat petani kota dan warga sekitar.

Taman Agro Eduwisata GSG 07 adalah sebuah lahan sebesar 3.000 meter yang dimanfaatkan lahannya sebagai sentra tanaman buah-buahan, tanaman obat keluarga, penanaman hidroponik, budidaya ikan lele dan nila hingga ke tanaman hias.

“Sebenarnya juga setiap keluarga bisa berdaulat. Artinya ketika harga cabai mereka bisa tanam sendiri, maka kalau dulu orang tua kita mengajarkan apotek hidup terus kemudian warung hidup ternyata ibu-ibu di sini masih hapal juga soal ini,” kata Ganjar.

Dia menyebut apa yang sudah dilakukan warga RW 07 Kembangan, Jakarta Barat, dengan membuat Taman Agro Eduwisata di GSG 07 merupakan sebuah contoh bahwa masyarakat bisa berdaulat pangan secara mandiri.

Terlebih, kata Ganjar, hasil dari perkebunan yang dikelola bisa dikonsumsi bagi warganya. Menurut Ganjar hal adalah contoh dalam rangka memenuhi ketahanan pangan.

Untuk itu, sebagai bacapres yang akan menjadikan pangan sebagai supremasi kepemimpinan Indonesia di kancah dunia, Ganjar sangat mendukung sebuah ide dan gagasan yang dibuat masyarakat, salah satunya seperti di Taman Agro Eduwisata di GSG 07.

“Wah ini kita bisa berikan dukungan kepada orang-orang yang punya kemampuan bagus. Dan itu tadi bisa memenuhi ketahan pangan kita,” tegas Ganjar.

Ganjar Pranowo meyakini setiap keluarga bisa berdaulat pangan dengan berbagai upaya yang dilakukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News