Besok Anak Sekolah Masih Libur, 12 Mei Wajib Masuk

Besok Anak Sekolah Masih Libur, 12 Mei Wajib Masuk
Besok Anak Sekolah Masih Libur, 12 Mei Wajib Masuk. Foto: Ridwan Sangaji/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Pemprov DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten sepakat memperpanjang masa liburan sekolah. Semula jadwal masuk sekolah 9 Mei, tetapi diundur menjadi 12 Mei.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, perpanjangan liburan sekolah ini untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi saat arus balik Lebaran.

"Keputusan mengubah jadwal masuk sekolah setelah lebaran idulfitri 2022 adalah langkah yang tepat," kata Menko Muhadjir, Minggu (8/5).

Perubahan jadwal tersebut telah dikoordinasikan pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota di wilayah masing-masing. 

Menko Muhadjir berharap perubahan tanggal masuk sekolah setelah libur Lebaran ini bisa mengurangi kepadatan lalu lintas pada arus balik.

Imbauan pemerintah itu langsung ditindaklanjuti sekolah. Seperti di SD Dharma Karya Universitas Terbuka dan Sekolah Harapan Bangsa. Kedua sekolah di Kota Tangerang Selatan itu, telah menyesuaikan jadwalnya.

Kedua sekolah itu mengubah sekolah tatap muka yang seharusnya dimulai 9 Mei diundur menjadi 12 Mei.

Menko PMK menyebutkan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten telah mengeluarkan surat edaran terkait jadwal masuk sekolah menjadi 12 Mei 2022 sesuai arahan pusat.

Anak-anak sekolah besok masih libur karena mengantisipasi kemacetan Pascalibur lebaran, tetapi 12 Mei wajib masuk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News