Besok, Jemaah Calon Haji Bergerak ke Madinah

Besok, Jemaah Calon Haji Bergerak ke Madinah
Jemaah calon haji akan bergerak ke Madinah pada 12 Juni besok. Foto: ilustrasi/Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat Kemenag Akhmad Fauzin mengatakan, jemaah calon haji secara bertahap akan mulai diberangkatkan menuju Makkah Al-Mukarramah pada 12 Juni, setelah menjalani ibadah Arbain di Masjid Nabawi dan rangkaian kegiatan lainnya.

"Rencana keberangkatan jemaah dari Madinah menuju Makkah, insyaallah akan dimulai pada 12 Juni 2022," terang Akhmad di Jakarta, Sabtu (11/6).

Dia menjelaskan ada dua kloter yang akan diberangkatkan, kloter pertama Embarkasi Solo (SOC 1) dan Jakarta – Pondok Gede (JKG 1).

"Dari Madinah, jemaah akan melaksanakan umrah wajib dengan mengambil miqat di Zulhulaifah atau yang lazim disebut dengan nama Bir Ali atau Abyar Ali,” sambungnya.

Sehubungan itu, Kemenag mengimbau jemaah dapat memanfaatkan waktu yang tersedia untuk lebih memahami manasik. Caranya, bisa berkonsultasi dengan petugas pembimbing ibadah, baik yang di kloter atau di daker.

Kemenag juga mengimbau jemaah untuk istirahat yang cukup menjelang keberangkatan, sehingga dapat melaksanakan umrah dengan sebaik-baiknya.

“PPIH sudah menyiapkan bus antarkota perhajian yang telah dilengkapi dengan GPS Trackers. Seluruh sopir juga telah diberikan orientasi," ujar Fauzin.

Menurut Fauzin yang juga kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemeneg ini, setiap bus yang mengangkut jemaah haji dari Madinah harus berhenti di Bir Ali untuk mengantarkan jemaah mengawali miqat.

Jemaah calon haji akan bergerak ke Madinah pada 12 Juni besok, banyak program menarik yang ditawarkan perbankan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News