Besok, Lab Biokesmas Provinsi NTT Gelar Tes Massal Perdana di Kupang

Besok, Lab Biokesmas Provinsi NTT Gelar Tes Massal Perdana di Kupang
Para laboran dari Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat Provinsi NTT sedang menggabungkan sampel swab di ruang ekstraksi sebagai bagian dari pelaksanaan test massal (pool test) di NTT. Setelah lolos uji validasi, test massal perdana akan dilakukan pada Hari Rabu, 4 November 2020, yang akan dimulai di Kota Kupang. Foto: Elcid Lie for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Data hasil validasi dari Laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL) Surabaya untuk 42 sample swab yang dikirim oleh Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat (Lab Biokesmas) Provinsi NTT angkanya mencapai 99 % akurat.

Hasil ini baru diterima Selasa pagi (2/11/2020), dan disampaikan oleh Dr. Fima Inabuy dalam rapat bersama Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Undana, dan Forum Academia NTT.

Menurut Dr. Inabuy, perbedaan hasil validasi 1% terjadi karena ada satu spesimen yang hasilnya berbeda antara swab hari pertama dan swab hari ke-dua.

Sesungguhnya perbedaan ini pun terdeteksi dalam pemeriksaan pool oleh Lab Biokesmas, dimana ada satu sampel yang menunjukkan hasil berbeda di dua hari pengambilan swab.

Dalam proses validasi ini, menurut Inabuy, prinsipnya Lab Biokesmas melakukan pemeriksaan sejumlah sampel dengan metode pooled- qPCR, yang kemudian dicross-check dengan tes individual- qPCR oleh Lab RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes dan Lab BBTKL Surabaya.

Segera Beroperasi

Berdasarkan nilai akurasi yang tinggi ini maka Lab Biokesmas dapat segera beroperasi. Tes massal perdana akan dilakukan di Kota Kupang, Rabu (4/11/2020) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Kupang.  

“Dengan hasil ini, keyakinan kami terbukti, bahwa pool test yang kami lakukan di level surveillance ketika dites secara individual pun hasilnya sama,” kata Dr. Fima Inabuy, Ketua Tim Pool Test Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat Provinsi NTT.

Berdasarkan nilai akurasi yang tinggi ini maka Lab Biokesmas dapat segera beroperasi. Tes massal perdana akan dilakukan di Kota Kupang, Rabu (3/11/2020).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News