Besok, Tol Simpang Indralaya-Prabumulih mulai Beroperasi, Gratis Lho

Besok, Tol Simpang Indralaya-Prabumulih mulai Beroperasi, Gratis Lho
Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih besok mulai beroperasi. Foto: Dokumen Hutama Karya.

jpnn.com, PALEMBANG - Tol simpang Indralaya-Prabumulih, Sumatra Selatan (Sumsel) mulai dioperasikan pada 30 Agustus 2023 pukul 08.00 WIB. 

Vice President (EVP) Divisi Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengungkapkan, besok, para pengendara yang melintas Jalan Tol sepanjang 63,5 kilometer itu tanpa tarif alias gratis.

“Jalan tol ini sudah siap untuk kami operasikan karena sebelumnya telah diuji coba dengan dioperasikan secara fungsional pada saat momen mudik Lebaran 2023 yang dilalui lebih dari 83 ribu kendaraan dengan zero kecelakaan,” ungkap Tjahjo melalui press release yang diterima, Selasa, (29/8).

Tjahjo mengatakan pengoperasian ini menyusul dikantonginya Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada 7 Juli 2023 lalu serta Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 872/KPTS/M/2023 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih.

Tjahjo menambahkan dari sisi fasilitas, ruas tol ini telah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol, salah satunya yakni dengan menyediakan dua rest area yang berada di KM 65 Jalur A dan B.

Adapun pengoperasian ruas jalan tol ini diawali dengan sosialisasi beroperasi tanpa tarif atau belum berbayar serta penggunaan kartu uang elektronik.

Hal ini karena pengguna jalan tol yang melintas tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik.

“Melihat antusiasme yang cukup besar, kami berharap trafik di ruas tol ini cukup besar. Nantinya untuk estimasi tarif yang berlaku sekitar 1338/km-nya. Tetapi untuk detail lebih lengkap akan kami infokan setelah Kepmen tarif tol ini telah dikeluarkan oleh Menteri PUPR,” kata Tjahjo.

Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih mulai beroperasi, bagi pengendara yang melintas tanpa tarif alias gratis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News