Besok UKG Mulai Dijalankan

Besok UKG Mulai Dijalankan
Muhammad Nuh. Foto: Arundono/JPNN
BANDUNG - Satu juta lebih guru bersertifikat mulai menjalankan uji kompetensi guru (UKG) secara bertahap sejak besok (30/7). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh mengklaim pihaknya sudah menerbitkan Peraturan Mendikbud (Permendikbud) yang mengatur soal UKG.

Dengan penerbitan Permendikbud tersebut, Nuh mengatakan sudah tidak ada alasan lagi bagi organisasi guru terntentu yang selama ini menentang UKG. Nuh mengatakan, para guru jangan terpanjing polemik pelaksanaan UKG. Dia menyarankan lebih baik guru calon peserta UKG mempersiapkan diri.

Setelah menerbitkan Permendikbud tentang UKG, Nuh mempersilahkan jika masih ada organisasi guru yang menolak pelaksanaan UKG. Bahkan jika akhirnya UKG ini diperkarakan di meja hijau. "Lak gak iso ngrewangi, ojok ngeriwui (Kalau tidak bisa membantu, jangan merecoki)," pinta menteri asal Surabaya itu kepada pihak-pihak yang masih menentang pelaksanaan UKG di Bandung kemarin (28/7).

Soal persiapan sendiri, Nuh mengatakan sudah sangat matang. Dia mengatakan hari ini adalah pemantauan persiapan teknis terakhir. Dia mengagendakan akan melalakukan sidak di sekitar Jakarta untuk memantau ujian guru yang baru pertama kali dilakukan dalam sejarah pendidikan Indonesia ini. "Kita optimis ujian ini berjalan lancar," kata dia.

BANDUNG - Satu juta lebih guru bersertifikat mulai menjalankan uji kompetensi guru (UKG) secara bertahap sejak besok (30/7). Menteri Pendidikan dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News