BI Catat Remitansi TKI Tembus USD 5,03 Miliar

BI Catat Remitansi TKI Tembus USD 5,03 Miliar
BI Catat Remitansi TKI Tembus USD 5,03 Miliar
JAKARTA - Predikat Pahlawan Devisa sepertinya memang layak disematkan untuk para Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Pasalnya, setiap tahun, miliaran dolar (USD) devisa hasil kerja para TKI di luar negeri, mengalir ke Indonesia.

Kepala Biro Humas BI Difi A. Johansyah mengatakan, berdasar data BI, jumlah uang yang dikirim oleh TKI dari luar negeri ke Indonesia (remitansi) menunjukkan tren yang terus meningkat. "Tahun ini, hingga September sudah menembus angka USD 5,03 miliar (sekitar Rp 45,27 triliun)," ujarnya melalui email yang diterima Jawa Pos kemarin (9/12).

Menurut Difi, nilai tersebut berarti naik 2,44 persen dibandingkan dengan periode sama 2009 yang sebesar USD 4,91 miliar. "Data-data remitansi ini menunjukkan peran penting TKI dalam mendukung perekonomian nasional," katanya.

Data BI menunjukkan, setiap triwulan, jumlah remitansi yang dikirim TKI juga menunjukkan peningkatan. Tercatat, pada triwulan I 2010, jumlah remitansi yang dikirim TKI sebesar USD 1,65 miliar, kemudian naik pada triwulan II 2010 menjadi USD 1,67. "Pada triwulan III 2010, angkanya kembali naik hingga mencapai USD 1,69 miliar," sebutnya.

JAKARTA - Predikat Pahlawan Devisa sepertinya memang layak disematkan untuk para Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Pasalnya, setiap tahun, miliaran dolar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News