Biarkan Lehman Bangkrut, Prancis Kritik AS

Biarkan Lehman Bangkrut, Prancis Kritik AS
Biarkan Lehman Bangkrut, Prancis Kritik AS
PARIS - Bangkrutnya bank investasi raksasa Lehman Brothers disesalkan oleh banyak tokoh. Menkeu Prancis Christine Lagarde, misalnya, mengritik keputusan Menkeu AS Henry Paulson karena dinilai telah melakukan kesalahan dengan membiarkan Lehman Brothers bangkrut.

Menurut Lagarde, membiarkan raksasa seperti Lehman bangkrut menimbulkan efek domino. Hal itu menyebabkan berlanjutnya risiko yang dapat menyeret seluruh sistem keuangan kolaps.

''Yang dramatis dan patut disesalkan adalah keputusan Henry Paulson membiarkan Lehman Brothers bangkrut,'' katanya dalam wawancara dengan radio RTL kemarin (8/10). ''Bank itu pasti memiliki manajemen buruk, tapi keputusan yang diambil juga buruk,'' lanjutnya.

Dia menilai, perlu sinyal kuat untuk mendukung bank investasi itu sebagai bagian sistem keuangan. ''Menurut saya, demi keseimbangan sistem finansial dunia, keputusan (Paulson) itu benar-benar sebuah kesalahan,'' kata Lagarde. Dia tidak mendukung pembentukan lembaga penjaminan bagi seluruh Uni Eropa untuk membantu perbankan yang terbelit krisis keuangan. Sebab, itu belum menjadi jaminan.

PARIS - Bangkrutnya bank investasi raksasa Lehman Brothers disesalkan oleh banyak tokoh. Menkeu Prancis Christine Lagarde, misalnya, mengritik keputusan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News