Biaya Permohonan Jadi Warga Negara Australia Naik Mulai 1 Juli, Sebegini Besarnya

Biaya Permohonan Jadi Warga Negara Australia Naik Mulai 1 Juli, Sebegini Besarnya
Pemerintah Australia mengatakan kenaikan biaya karena adanya inflasi, biaya staf dan proses aplikasi yang lebih kompleks. (AAP: Dan Peled)

Biaya pendaftaran untuk mengajukan permohonan menjadi warga negara Australia mulai 1 Juli akan naik menjadi sekitar Rp5 juta.

Tanggal 1 Juli adalah awal tahun keuangan baru di Australia dan biasanya digunakan untuk menerapkan berbagai kebijakan baru termasuk di bidang keuangan.

Biaya pengajuan permohonan warga negara sebelumnya adalah A$285 (sekitar Rp3 juta) dan sekarang akan naik menjadi A$490 (sekitar Rp5 juta).

Pengumuman kenaikan biaya tersebut disampaikan oleh Menteri Imigrasi Alex Hawke dalam sebuah pernyataan hari Kamis (24/06) sore.

Menurutnya, perubahan dilakukan karena adanya pergantian proses administrasi mengurusi permohonan tersebut.

"Ini adalah perubahan pertama berkenaan dengan biaya permohonan kewarganegaraan sejak tahun 2016 dan ditentukan oleh proses dan biaya pengurusannya," kata Hawke.

Perubahan tersebut dikatakannya berhubungan dengan inflasi, biaya staf, dan juga "semakin meningkatnya kompleksitas" sehingga "memerlukan proses yang lebih panjang".

Anak-anak yang yang berusia di bawah 15 tahun dan ikut dalam permohonan yang diajukan oleh orang tua mereka tidak dikenakan biaya.

Biaya pendaftaran untuk mengajukan permohonan menjadi warga negara Australia mulai 1 Juli akan naik menjadi sekitar Rp5 juta

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News