Biaya Sekolah di SMA/SMK Tahun Depan Harus Turun

Mulai Dari Pemberian BOS hingga Pembangunan Sekolah Baru

Biaya Sekolah di SMA/SMK Tahun Depan Harus Turun
Biaya Sekolah di SMA/SMK Tahun Depan Harus Turun
JAKARTA – Tahun depan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjamin tidak ada lagi ceritanya biaya sekolah di jenjang SMA/SMK mahal. Sebab mereka sudah merumuskan jurus-jurus untuk menekan biaya ini, sehingga rencana pendidikan universal terwujud.

Staf Khusus Mendikbud Bidang Komunikasi Media Sukemi di Jakarta kemarin (3/11) menuturkan sejumlah agenda pendukung pendidikan universal mulai dijalankan tahun depan. Diantaranya adalah pemberian dana bantuan operasional siswa sekolah menengah (BOS-SM) kepada 9.900.115 siswa SMA/SMK. Dengan pagu setiap siswa Rp 1 juta per siswa per tahun, dana yang disiapkan mencapai Rp 9 triliun lebih.

’’Selain pengucuran dana BOS-SM, pemerintah tetap menjalankan pengadaan unit kelas dan unit sekolah baru,’’ katanya. Pria yang juga alumni ITS itu mengatakan, Kemendikbud tahun depan akan membangun 739 unit sekolah baru dan 6.144 unit ruang kelas baru.

Cara meringankan biaya sekolah selanjutnya adalah, pemberian bantuan siswa miskin untuk 1.172.844 siswa SMA/SMK. Dengan pemberian bantuan siswa miskin ini, Sukemi berharap tidak ada lagi kesan siswa miskin dilarang sekolah.

JAKARTA – Tahun depan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjamin tidak ada lagi ceritanya biaya sekolah di jenjang SMA/SMK

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News