Bicara di Kampus Singapura, RK Ungkap Alasan Indonesia Pindah Ibu Kota

Bicara di Kampus Singapura, RK Ungkap Alasan Indonesia Pindah Ibu Kota
Ridwan Kamil. Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, SINGAPURA - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memenuhi undangan untuk mengisi kuliah umum di National University of Singapore (NUS) pada Senin (20/5).

Kurator pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) itu mengangkat menteri berjudul Utopian Promise: Building Indonesia's New Capital dalam kuliah umum.

Pria yang karib disapa RK atau Kang Emil itu banyak membahas gagasan dan keputusan Indonesia memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Mengisi sesi kuliah umum pada 18.30 waktu Singapura, dia memaparkan sejarah, rencana, dan kebijakan pemindahan ibu kota.

"Saya menyampaikan bagaimana gagasan pemindahan ibu kota muncul sejak zaman Belanda sampai berhasil direalisasikan oleh Presiden Jokowi,” ungkap Ridwan Kamil.

Menurut RK, pemindahan ibu kota Indonesia tidak hanya menjadi atensi pemerintah dalam negeri, tetapi sudah disorot internasional.

Dia menyatakan bahwa pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur sudah menjadi kebutuhan demi pemerataan pembangunan di Indonesia.

Mantan Wali Kota Bandung itu menilai pemerintah Indonesia selama ini terus berupaya memeratakan pembangunan.

Ridwan Kamil atau RK memenuhi undangan untuk mengisi kuliah umum di National University of Singapore (NUS) pada Senin (20/5). Apa yang dibahas?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News