Bidan Desa Bergerak ke Ibu Kota, Ada Apa ?

Bidan Desa Bergerak ke Ibu Kota, Ada Apa ?
Bidan menggelar aksi unjuk rasa di Jakarta Senin (28/9). Foto: Mesya Muhammad/JPNN

jpnn.com - JAKARTA- Ribuan bidan yang tergabung dalam Forum Bidan Desa PTT Indonesia mendesak pemerintah mengangkat mereka menjadi pegawai tetap negara atau PNS. Mereka beralasan, tidak hanya honorer kategori satu (K1) dan kategori dua (K2) yang mengabdi kepada negara.

"Sekaranglah waktunya momentum pembenahan sistem manajemen SDM khususnya bidan desa yang telah mengabdi sejak 2005 mendapatkan hak kepastian kerja yang dijamin negara," tegas Ketum Pengurus Pusat Forum Bidan Desa PTT Indonesia Lilik Dian Ekasari di sela-sela aksi unjuk rasa di Patung Kuda Monas, Senin (27/9).

Dia menyebutkan, banyak desa yang membutuhkan bidan, sementara pelayanan kesehatan hanya dipegang oleh bidan PTT. Sebab, masing-masing Dinas Kesehatan hanya mengangkat tenaga kontrak.

"Mengangkat bidan PTT menjadi PNS‎ adalah solusi terhadap kebutuhan bisa desa seluruh Indonesia. Ini sebagai bagian penting dari unsur ketahanan nasional strategis di bidang kesehatan," bebernya.

Peranan bidan desa yang sangat besar itu, menurut Lilik, menjadi pengungkit utama mereka untuk memperjuangkan nasibnya menjadi PNS. "Kami meminta pemerintah melalui MenPAN-RB agar bisa dipastikan nasib bidan desa PTT yang dibiayai melalui APBN," serunya. (esy/jpnn)‎ 

JAKARTA- Ribuan bidan yang tergabung dalam Forum Bidan Desa PTT Indonesia mendesak pemerintah mengangkat mereka menjadi pegawai tetap negara atau


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News