Bidan Indonesia Pecahkan Rekor Dunia

Bidan Indonesia Pecahkan Rekor Dunia
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise mengapresiasi 600 bidan Indonesia pecahkan rekor dunia dalam pelatihan stimulasi pijat bayi, untuk mengurangi angka kematian bayi.

“Saya mengapresiasi usaha 600 bidan Indonesia yang telah memecahkan Guinness World Record melalui pelatihan pijat bayi," ujar Yohana saat menghadiri Pemecahan Guinness World Record untuk Pelatihan Stimulasi Pijat Bayi terbesar, di Jakarta, Sabtu (7/10).

Hal ini menurut Yohana, menunjukkan bidan di Indonesia berkomitmen dalam mengurangi angka kematian bayi, dan merupakan upaya dalam mendukung salah satu target Sustainable Development Goals (SDGs) dalam rangka menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB) sekurang-kurangnya 12 per 1.000 kelahiran hidup pada 2030.

Berdasarkan survei demografi dan Kesehatan Indonesia di tahun 2012, tercatat bahwa angka kematian bayi di Indonesia yaitu 32 per 1.000 kelahiran, artinya satu dari 31 bayi meninggal sebelum mencapai usia setahun.

Menteri Yohana mengatakan salah satu faktor kematian pada bayi adalah kurangnya perawatan kulit pada bayi yang bisa diatasi melalui pemijatan bayi.

"Banyak nyawa bayi yang bisa terselamatkan melalui pemijatan bayi yang jika dilakukan di tahun pertama mampu membantu perkembangan fisik dan kesehatan bayi," ujar Menteri Yohana. (esy/jpnn)


Sekitar 600 bidan Indonesia pecahkan rekor dunia dalam pelatihan stimulasi pijat bayi.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News