Bikin Film dari Atom, Ilmuwan IBM Diganjar Rekor Dunia

Bikin Film dari Atom, Ilmuwan IBM Diganjar Rekor Dunia
Film yang terbuat dari atom. Getty Images
CALIFORNIA - Para peneliti di IBM berhasil menciptakan film terkecil di dunia dengan memanipulasi atom tunggal pada permukaan tembaga.

Animasi stop-motion menggunakan selusin atom karbon yang bergerak di sekitar ujung tunnel kecil yang disebut scanning tunneling microscope (STM). Proses tersebut membutuhkan sekitar 1.000 frame film untuk meletakkan sisi berdampingan dengan ukuran sehelai rambut manusia.

Prestasi yang luar biasa ini telah disertifikasi oleh Guinness Book of World Records. Hal ini sekaligus menjadi upaya IBM untuk merancang penyimpanan data generasi berikutnya berdasarkan atom tunggal.

Menurut BBC (1/5), selama ini ilmuwan IBM berada di balik sejumlah penemuan teknologi yang bisa melihat ke dalam sistem atom dan molekul dengan menggunakan mikroskop atom. Alat ini juga mampu menghasilkan gambar molekul tunggal, bahkan gambar detail susunan atom dalam molekul.

CALIFORNIA - Para peneliti di IBM berhasil menciptakan film terkecil di dunia dengan memanipulasi atom tunggal pada permukaan tembaga. Animasi stop-motion

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News