Bikin Generasi yang Lebih Sepi

Bikin Generasi yang Lebih Sepi
Bikin Generasi yang Lebih Sepi

jpnn.com - SEJAK 1979 gaya hidup masyarakat Tiongkok berubah drastis. Penduduk Negeri Panda yang terbiasa tumbuh dalam lingkungan keluarga besar kini harus membiasakan diri hidup dalam keluarga kecil. Ya, kebijakan satu anak telah menciptakan generasi baru yang lebih ''sepi.''

"Di jalanan kota terpampang banyak spanduk dan selebaran dalam warna menarik yang menganjurkan warga agar memiliki seorang anak saja. Sebagai gantinya, masyarakat diimbau beternak lebih banyak babi," ujar Fan Shi San, seorang fotografer Tiongkok yang juga anak semata wayang, kepada BBC Jumat lalu (22/11). Menurut dia, kebijakan satu anak itu telah mengubah cara pandang masyarakat.

Sebagai anak tunggal, Fan tidak pernah tahu rasanya memiliki saudara kandung. Sebab, dia sama sekali tidak memiliki kakak atau adik. Keluarga yang dirinya miliki hanyalah orang tuanya. Karena itu, sebagai seniman, Fan suka menggunakan teknik fotografi untuk "menghadirkan" kakak atau adik bayangan dalam potret. Pekan ini dia menjalankan misi fotografinya terhadap anak-anak semata wayang di Provinsi Gansu.

Bagi Fan dan generasinya, kakak atau adik hadir dalam bentuk sepupu. Sebab, meski anak tunggal, mereka tetap memiliki saudara dari kakak atau adik kandung orang tua mereka. Sebelum 1979, keluarga Tiongkok biasanya memiliki minimal empat orang anak. Dengan demikian, generasi orang tua Fan masih menghasilkan sepupu-sepupu bagi anak-anak tunggal mereka.

Generasi anak tunggal Tiongkok yang lahir pasca diterapkannya kebijakan satu anak pada 1979 itu menarik perhatian Vanessa Fong. Sosiolog dari Amherst College yang terletak di Negara Bagian Massachusetts, Amerika Serikat (AS), tersebut melakukan survei tahunan kepada anak-anak yang lahir pasca 1979. Sejak 1997 sampai sekarang, dia mengamati sekitar 2.237 anak tunggal Tiongkok.

Setiap tahun Fong mewawancarai sekitar 600 sampai 1.300 anak tunggal. "Untuk mengawali percakapan, saya selalu bertanya tentang kakak atau adik kepada mereka. Biasanya mereka akan secara otomatis menjawab jumlah sepupu yang mereka miliki. Dalam pemahaman mereka, sepupu itulah kakak dan adik mereka," ungkap pakar ilmu sosiologi tersebut.

Sebagaimana Fong, Fan menangkap fenomena yang sama. Yakni, anak-anak tunggal Tiongkok tidak memahami kehidupan sebagai anak yang memiliki saudara kandung.

Di sisi lain, sebagai satu-satunya tumpuan orang tua, anak-anak tunggal Tiongkok memiliki beban yang jauh lebih besar. Sebab, mau tidak mau, mereka harus menjadi anak yan SEJAK 1979 gaya hidup masyarakat Tiongkok berubah drastis. Penduduk Negeri Panda yang terbiasa tumbuh dalam lingkungan keluarga besar kini harus membiasakan diri hidup dalam keluarga kecil. Ya, kebijakan satu anak telah menciptakan generasi baru yang lebih "sepi".

SEJAK 1979 gaya hidup masyarakat Tiongkok berubah drastis. Penduduk Negeri Panda yang terbiasa tumbuh dalam lingkungan keluarga besar kini harus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News