Bikin Geram! Satgas Karhutla Bakar Bedeng Perambah Hutan, Ini Fotonya...

Bikin Geram! Satgas Karhutla Bakar Bedeng Perambah Hutan, Ini Fotonya...
Pondok yang didirikan perambah hutan dan lahan dibakar Satgas Karhutla Riau. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - PEKANBARU — Satgas Karhutla menemukan sebuah bedeng sawit di tengah hutan yang sudah gundul akibat terbakar di kawasan hutan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN). 

Di sekitar bedeng petugas juga menemukan bibit sawit. Dan ada juga yang sudah ditanam. Karena mendirikan bangunan dan menanam sawit secara ilegal di kawasan hutan taman nasional, petugas pun membakar bedeng tersebut.

Petugas menduga bedeng itu diduga tempat para pelaku pembakar hutan dan lahan. Di sekeliling bedeng terlihat bekas lahan yang sudah dibakar, dan sebagian sudah ditanami bibit sawit. 

Didekat bedeng juga ada tempat pembibitan sawit, dan alat-alat semprot hama tanaman, dan juga mesin air. Barang-barang ini disita dari bedeng yang sudah dibakar tim, ada juga kawat kassa, gergaji mesin.

Satgas yang terdiri dari TNI AU, AD, dan juga Reskrimsus Polda Riau yang melihat bedeng ini dari udara dengan menggunakan Heli Puma TNI AU tail number HT-3310 langsung turun dan menyelidiki bedeng yang sudah ditinggal pemilik.

‘’Kami bakar supaya masyarakat benar-benar tahu ini kegiatan yang merugikan banyak orang, dan merugikan Negara,’’ kata Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Henri Alfiandi kepada Riau Pos (Jawa Pos Group), Selasa (19/7).

Diharapkan upaya membakar hutan dan lahan ini bisa dihentikan, tanpa harus ada korban berjatuhan dari dampaknya. ‘’Ini pesan-pesan keras yang kami buat, dengan membakar bedengnya dan mengambil peralatannya, kami rasa cukup membuat jera, kedepan kami aka nada strategi lain untuk mengantisipasinya,’’ tegasnya.

Diharapkan Henri yang juga merupakan Dan Satgas Udara, ada operasi tangkap tangan, disaat ada oknum yang membakar itu pihaknya langsung mendapatkan orangnya dan diproses hukum. ‘’Ini yang ingin saya inginkan, tapi sampai detik ini kita tidak menemukan,’’ ujarnya geram.

PEKANBARU — Satgas Karhutla menemukan sebuah bedeng sawit di tengah hutan yang sudah gundul akibat terbakar di kawasan hutan Taman Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News