BIN Gandeng Pemkot Tangerang Gelar Rapid Test Massal di Zona Merah

BIN Gandeng Pemkot Tangerang Gelar Rapid Test Massal di Zona Merah
Staf Khusus KaBIN Mayor Jenderal TNI (Purn) Neno Hamriono gelar rapid test di Tangerang, Foto: Dedi Sofyan

jpnn.com, TANGERANG - Badan Intelijen Negara (BIN) bekerja sama dengan Pemkot Tangerang menggelar rapid test massal COVID-19 yang berlangsung di kawasan bisnis CBD Ciledug, Karang Tengah, Kota Tangerang, Sabtu (30/5).

Kegiatan rapid test massal ini merupakan arahan dari Kepala BIN Jenderal (purn) Budi Gunawan untuk membantu pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19.

Staf Khusus KaBIN Mayor Jenderal TNI (Purn) Neno Hamriono mengatakan, selain menyediakan kit rapid test, BIN juga membawa mobil laboratorium untuk swab test apabila dari hasil rapid ada yang reaktif.

“Kegiatan ini digelar karena ada permintaan dari Pemkot Tangerang. Selain itu juga daerah ini merupakan zona merah (penyebaran COVID-19),” kata Neno di lokasi.

Neno menerangkan, dalam kegiatan ini disediakan 700 kit rapid test. Kegiatan pun berlangsung dari pagi hingga nanti sampai kit tersebut habis.

"Nanti kami lihat kondisinya bagaimana. Apabila banyak yang positif, akan kami tingkatkan,” tambah Neno.

Menurut Neno, apabila nanti kedapatan positif atau reaktif dari hasil rapid test, akan dilanjutkan dengan swab test dengan mobil laboratorium. Hasilnya akan keluar dalam lima sampai enam jam.

“Ini lebih cepat dibanding kegiatan (swab test) di luar yang mengantre sampai satu dua minggu,” imbuh Neno.

BIN juga membawa mobil laboratorium untuk swab test apabila dari hasil rapid test massal ada yang reaktif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News