Bisa Jaga Inflasi, Ekonomi Bakal Tumbuh Tinggi

Proyeksi 2011, Pemerintah-BI Janji Sinkronkan Kebijakan

Bisa Jaga Inflasi, Ekonomi Bakal Tumbuh Tinggi
Bisa Jaga Inflasi, Ekonomi Bakal Tumbuh Tinggi
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) optimistis pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun ini akan mencapai 6 persen atau sesuai dengan target yang dicanangkan pemerintah. Tahun depan bank sentral bersama pemerintah berjanji akan lebih melakukan sinkronisasi kebijakan dalam rangka mempertahankan momentum pertumbuhan tersebut.

Hal itu diungkapkan Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution setelah rapat terbatas bidang perekonomian di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin (27/12). Rapat tersebut secara khusus mendengarkan paparan dewan gubernur BI mengenai evaluasi perekonomian tahun ini dan proyeksi tahun depan.

Menurut Darmin, kerja sama kebijakan antara otoritas fiskal dan moneter terutama dilakukan dalam rangka menjaga tingkat inflasi yang tahun ini melebihi ambang batas yang ditargetkan. "Pemerintah dan BI punya tim pengendalian inflasi," kata Darmin.

Meski tahun depan pertumbuhan diperkirakan masih tinggi, perekonomian Indonesia tahun ini dibayangi oleh kekhawatiran terhadap imbas dari tingginya inflasi. Tahun ini inflasi dipastikan akan menembus 6 persen atau melebihi target pemerintah sebesar 5,3 persen.

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) optimistis pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun ini akan mencapai 6 persen atau sesuai dengan target yang dicanangkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News