Hemat Keuangan Negara, Bikin Inpres

Hemat Keuangan Negara, Bikin Inpres
Hemat Keuangan Negara, Bikin Inpres
JAKARTA - Untuk menekan pemborosan anggaran, pemerintah mulai menyiapkan dasar hukum penghematan belanja negara. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, mengatakan saat ini rancangan instruksi Presiden (Inpres) perihal penghematan anggaran telah selesai.

‘’Sudah selesai dan sudah jadi draftnya di Kementrian Keuangan. Tapi memang belum di kirim (draft Inpres) ke Presiden. Dalam waktu dekat sudah selesai,’’ kata Hatta kepada wartawan di Jakarta, Senin (27/12).

Hatta mengakui, untuk penyerapan anggaran di 2010 memang terjadi penurunan dari tahun sebelumnya. Karena itulah pemerintah melakukan berbagai evaluasi terkait penghematan anggaran agar kedepan anggaran belanja negara bisa terserap lebih maksimal.

Dengan keluarnya Inpres penghematan anggaran, diharapkan KL dan Pemda bisa sejalan melakukan penghematan. Untuk tahun 2011, beberapa pos anggaran yang dirasa tidak begitu penting, kata Hatta, sudah dicoret dari daftar anggaran. Dari 34 Kementrian dan Lembaga di tingkat pusat, diharapkan bisa terjadi penghematan sebesar Rp40-60 triliun.

JAKARTA - Untuk menekan pemborosan anggaran, pemerintah mulai menyiapkan dasar hukum penghematan belanja negara. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News