2011, Konsen Tingkatkan Industri Hilir

2011, Konsen Tingkatkan Industri Hilir
2011, Konsen Tingkatkan Industri Hilir
JAKARTA - Menko Perekonomian Hatta Rajasa, mengatakan, pada 2011 Indonesia akan konsentrasi meningkatkan industri hilir dalam negeri. Investasi besar untuk pengembangan industri pertanian dan pertambangan dirancang sejak akhir 2010 untuk penciptaan lapangan kerja baru. Peningkatan industri hilir untuk memenuhi stok kebutuhan dalam negeri karena pada tahun sebelumnya lebih banyak diekspor.

"Hilirisasi industri dalam negeri akan ditingkatkan pada 2011. Itulah kenapa kami membicarakan masalah insentif dan disinsentif sejak dini, termasuk perbaikan komoditas unggulan," kata Hatta kepada wartawan di kantornya di Jakarta, Senin (27/12).

Beberapa industri yang harus diperhatikan untuk perkembangan sektor hilir ialah industri pertanian dan pertambangan, termasuk komoditas produksi kelapa sawit yang selama ini masih banyak diolah di luar negeri. "Kami rancang investasi besar untuk pertanian dan pertambangan. Ke depan, kita berharap akan tercipta lapangan kerja baru," bebernya.

Sebelumnya, Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengatakan, Indonesia kehilangan potensi pendapatan triliunan rupiah karena tidak memiliki industri hilir yang kuat. Sebagai daerah penghasil crude palm oil (CPO), infrastruktur di sektor industri hilir Indonesia untuk mendukung produksi CPO di Riau masih tidak memadai.(afz/jpnn)

JAKARTA - Menko Perekonomian Hatta Rajasa, mengatakan, pada 2011 Indonesia akan konsentrasi meningkatkan industri hilir dalam negeri. Investasi besar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News