Impor Beras Hingga Maret 2011

Impor Beras Hingga Maret 2011
Impor Beras Hingga Maret 2011
JAKARTA - Pemerintah memastikan impor beras hanya berlangsung sementara. Kendati begitu, pemerintah sudah telanjur membuat kesepakatan impor beras Thailand dan Vietnam akan dilanjutkan hingga Maret 2011. Pemerintah beralasan, impor itu untuk memenuhi cadangan stok pangan dalam negeri mengantispasi cuaca ekstrim.   

"Intinya hanya untuk memenuhi stok beras nasional kita. Impor itu pasti ada batas waktunya. Kalau sesuai kesepakatan, ya mungkin sampai Februari atau Maret,’’ kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa kepada wartawan di Jakarta, Senin (27/12).

Hatta meminta kalangan petani tidak perlu khawatir, karena stok beras dalam negeri akan diprioritaskan masuk dari para petani lokal. Sementara, beras impor untuk operasi pasar (OP).

"Beras yang bebas bea masuk hanya untuk beras Operasi Pasar (OP). Itu kita khususnya karena konteksnya bukan untuk komersial. Tidak akan mengganggu karena target stok kita harus 1,5 juta ton. Harga petani kita dijaga tetap tinggi,’’ kata Hatta.

JAKARTA - Pemerintah memastikan impor beras hanya berlangsung sementara. Kendati begitu, pemerintah sudah telanjur membuat kesepakatan impor beras

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News