Bisa Ubah Kebijakan Ketentaraan

Bisa Ubah Kebijakan Ketentaraan
Bisa Ubah Kebijakan Ketentaraan

jpnn.com - BRADLEY Manning, setidaknya dua kali bikin kehebohan. Pertama, saat dia membocorkan rahasia negara kepada situs WikiLeaks. Kedua, saat membocorkan rahasia pribadi, bahwa sesungguhnya dia ingin menjadi perempuan.

BRADLEY Manning sungguh ingin menghapus jejaknya sebagai seorang laki-laki. Prajurit angkatan darat Amerika Serikat yang divonis penjara 35 tahun setelah membocorkan rahasia negara kepada situs WikiLeaks itu kini hanya sudi dikenal sebagai Chelsea Elizabeth Manning –seorang perempuan. Banyak media asing yang sudah mengganti kata ganti orang ketiga untuk menyebut Manning dari ’’he’’ menjadi ’’she’’.

’’Saya ingin semua orang tahu jati diri saya. Saya adalah Chelsea Manning. Saya seorang perempuan,’’ tulis Manning dalam testimoninya yang berjudul ’’Babak Berikutnya dari Kehidupan Saya’’ yang dibacakan pengacaranya David Coombs.

Meski nantinya Manning akan diberhentikan secara tidak hormat terkait dengan vonis hukumnya, ahli komputer tersebut akan tetap menjadi bagian dari militer AS. Apalagi dalam sistem hukum AS dikenal istilah pengampunan dan pembebasan bersyarat.

Keputusan Manning itu tidak hanya mengagetkan publik, tetapi juga militer AS. Saat ini pria 25 tahun tersebut sedang mengajukan sertifikasi medis untuk mengakreditasi status transgender-nya. Jika sertifikasi itu selesai, militer dan Departemen Pertahanan AS harus mengambil keputusan yang sulit.

Diagnosis dari dokter yang terakreditasi akan mengubah sejumlah aspek terkait dengan masa depan Manning dan bahkan, regulasi di dalam militer AS. Sebab, Manning bakal menjadi preseden baru soal eksistensi seorang transgender di tubuh militer AS.

Di satu sisi, menjadi seorang transgender tidak ada hubungannya dengan aktivitas kejahatan, kapasitas mental, intelektual, atau kemampuan yang lain. Artinya, menjadi transgender merupakan isu terpisah yang tidak boleh memengaruhi perlakuan negara terhadap warganya.

Namun di dalam regulasi medis Departemen Pertahanan, seorang transgender diharamkan menjadi tentara. Hampir tidak ada ruang bagi transgender untuk bisa menjadi serdadu. Untuk bergabung dalam militer, kandidat yang potensial harus menjalani tes fisik. Selama pemeriksaan berlangsung, pihak militer bisa menolak calon tentara yang terbukti sudah melakukan operasi kelamin.

BRADLEY Manning, setidaknya dua kali bikin kehebohan. Pertama, saat dia membocorkan rahasia negara kepada situs WikiLeaks. Kedua, saat membocorkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News