JPNN.com

Bisakah Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit?

Selasa, 26 Februari 2019 – 05:07 WIB Bisakah Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit? - JPNN.com

jpnn.com - Rasa bahagia menanti kelahiran buah hati biasanya juga diikuti dengan ketakutan saat bersalin. Sudah menjadi rahasia umum bahwa melahirkan, khususnya melahirkan secara normal, akan sangat terasa sakit dan amat menyiksa. Hal itu pun dibenarkan oleh dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

“Rasa cemas terhadap rasa sakit saat melahirkan bisa muncul, terutama bagi mereka yang baru pertama kali melahirkan. Ini wajar,” katanya. Tapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meringankan rasa sakit saat melahirkan secara signifikan. Misalnya saja:

1. Mengatur napas

Menurut dr. Dyah, mengatur napas merupakan salah satu faktor penting dalam menghadapi proses persalinan. Selama terjadi kontraksi, si ibu mesti mengatur napas dalamnya karena hal tersebut dapat membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan dan membuat Anda lebih rileks sehingga rasa tidak nyaman itu agak teralihkan.

Tak perlu teknis napas yang rumit. Anda tinggal menarik napas yang dalam melalui hidung saat terjadi kontraksi, lalu embuskan napas secara perlahan melalui mulut.

2. Kompres air hangat

Selain itu, dr. Dyah juga menyarankan untuk mengaplikasikan kompres handuk hangat di daerah vagina dan perineum saat kepala bayi sudah terlihat. “Hal itu akan membantu mengurangi rasa nyeri dan risiko robekan perineum, yaitu daerah antara lubang dubur dan bagian alat kelamin sebelah luar,” jelas dr. Dyah.

3. Berendam air hangat

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...