Bismillah, Tim UI Berikhtiar Dampingi Santriwati pada Masa Pandemi

Bismillah, Tim UI Berikhtiar Dampingi Santriwati pada Masa Pandemi
Para santri merapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga Jarak). Foto Tim Pengabdian Masyarakat UI

jpnn.com, NGAWI - Tim Pengabdian Masyarakat UI memberikan pendampingan untuk para santri di Pondok Pesantren, Modern Gontor Putri 1 di Mantingan Ngawi, Jawa Timur.

Adapun pendampingan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan pondok pesantren.

Pondok Pesantren, Modern Gontor Putri 1  ini memiliki santri lebih dari 3.500 orang dengan rentang umur 12-20 tahun.

Saat ini kehidupan pondok menjadi sangat rentan terhadap penularan kasus Covid-19, mengingat jumlah santri yang sangat banyak di satu lokasi.

Permasalahan yang sering ditemui hampir di semua pondok pesantren adalah rentannya santri dari penyakit-penyakit menular seperti kudis, diare, muntaber, tifoid, cacar, gatal di kepala akibat kutu, hepatitis A, TBC dan lain-lain.

Padahal hampir semua penyakit yang disebutkan di atas sebetulnya bisa dilakukan pencegahannya melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Pendampingan ini dilakukan melalui serangkaian kegiatan yaitu melalui diskusi dengan para Ustadzah, edukasi santri, pemberian bantuan sarana kebersihan.

Selain itu poster-poster edukasi juga dikembangkan dan dipasang di tempat strategis untuk terus mengingatkan para santri untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungannya.

Pendampingan Tim Pengabdian Masyarakat UI dilakukan untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan pondok pesantren.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News