Bisnis Sampingan Andik Vermansah yang Menggiurkan

Bisnis Sampingan Andik Vermansah yang Menggiurkan
Andik Vermansah di tengah kebun jeruknya di Jember. Foto: istimewa/JPNN

jpnn.com - PESEPAKBOLA Timnas, Andik Vermansah, ternyata tidak hanya lihai menggocek bola. Dia juga lihai mengisi kantongnya dari usaha sampingan yang ternyata diam-diam dimilikinya sejak beberapa tahun yang lalu.

Pundi-pundi rupiah juga dikumpulkan Andik dengan bertani jeruk di tanah kelahirannya, Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Andik itu ternyata
juragan jeruk.

"Ya memang saya mulai belajar bisnis. Awalnya ladangnya cuma di satu lokasi, sekarang sudah di dua lokasi. Alhamdulillah luas sekali, kalau hektare-nya berapa, saya kurang tahu yang pasti luas," katanya, Jumat (14/8).

Dari satu ladang saat Panen, Andik mengaku bisa mendapatkan sembilan ton Jeruk. Sementara, dari ladang satunya masih dalam tahap baru serah terima ladang.

Menurut pemain Selangor FA tersebut, menjadi petani jeruk sama dengan yang dilakukan oleh kakek dan neneknya dahulu. Karena itulah, setelah berdiskusi dengan ayah-ibunya, Andik memutuskan untuk menjadi petani jeruk.

"Lumayan dapatnya, hampir Rp100 juta. Itung-itung sekalian mempraktekkan ilmu bisnis. Saya kan kuliahnya manajemen bisnis," tutur pemain 23 tahun tersebut.

Andik berharap pemain-pemain lain mau mengikuti jejaknya, dengan menyiapkan bisnis sampingan. Dengan begitu, saat sepak bola bermasalah, seperti saat ini atau saat masih ada PSSI-KPSI pada 2011 lalu, pemain tak bingung lagi ketika kompetisi berhenti. (dkk/jpnn)

PESEPAKBOLA Timnas, Andik Vermansah, ternyata tidak hanya lihai menggocek bola. Dia juga lihai mengisi kantongnya dari usaha sampingan yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News