BKI Beri Perlengkapan Daur Ulang Kulit Kerang di Cilincing

BKI Beri Perlengkapan Daur Ulang Kulit Kerang di Cilincing
PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Foto dok BKI

jpnn.com, JAKARTA - PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) berkolaborasi dengan Yayasan ESQ Kemanusiaan, serta Kelompok Kerajinan Cangkring dengan memberikan bantuan perlengkapan daur ulang kulit kerang di Kalibaru, Jakarta Utara pada Rabu, (27/12).

Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Unit TJSL, Rudy Sunaryadi, Ketua Umum Yayasan ESQ Kemanusiaan, Lea Sri Endari Irawan, Ketua Kelompok Kerajinan Cangkring, Tisno, dan aparat pemerintahan serta tokoh masyarakat setempat.

Sebagaimana diketahui aktivitas pascapengupasan cangkang kerang hijau di Kalibaru, Jakarta Utara menjadi masalah utama bagi penduduk di sekitar.

Pengupasan kerang tersebut banyak menghasilkan limbah cangkang kerang yang dalam penanganannya tidak memperhatikan kesehatan lingkungan.

Melihat kondisi yang ada, BKI memberikan bantuan perlengkapan daur ulang kulit kerang menjadi produk paving block, batako, closet jongkok, aksesoris figura, dan kerajinan lainnya.

“Pemberdayaan atau pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan ini yang dimaksudkan adalah pendampingan kepada masyarakat yang difokuskan pada kegiatan social entrepreneur, yaitu mengolah limbah cangkang kerang hijau menjadi produk yang memiliki nilai tambah dan nilai jual yang tinggi,” ujar Rudy.

Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah analysis design - development - implementation - evaluation (addie). Kegiatan pemberdayaan/ pengabdian kepada masyarakat ini menghasilkan sebuah wawasan dan keterampilan bagi kelompok pembudidaya kerang hijau di Kalibaru, Jakarta Utara.

Melalui kegiatan TJSL yang dilakukan oleh BKI dapat berdampak bagi peningkatan presentase penurunan pada penumpukan limbah cangkang kerang hijau, khususnya yang berada di wilayah Kalibaru, Jakarta Utara secara berkelanjutan.

PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) berkomitmen untuk terus mewujudkan keberlanjutan lingkungan, ekonomi, serta kota dan komunitas yang berkelanjutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News